Simulasi Simulasi Pertolongan Pertama Pingsan pada Mahasiswa Korps Sukarela (KSR): Simulasi Pertolongan Pertama Pingsan pada Mahasiswa Korps Sukarela (KSR)

Simulasi Simulasi Pertolongan Pertama Pingsan pada Mahasiswa Korps Sukarela (KSR)

Simulasi Pertolongan Pertama Pingsan pada Mahasiswa Korps Sukarela (KSR)

Authors

  • Misbah Nurjannah Jln Juanda No 15 Samarinda
  • Putri Agustin Nila Sari UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KALIMANTAN TIMUR
  • Dwi Widyastuti UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KALIMANTAN TIMUR

Keywords:

pertolongan pertama, pingsan, dehidrasi, penolong gawat darurat

Abstract

Abstrak. Pingsan dapat terjadi pada semua usia. Pingsan dapat disebabkan oleh kondisi dehidrasi, hipoglikemi, cuaca yang ekstrem, tekanan emosi dan indikasi penyakit tertentu.  Pingsan yang dialami bukan karena suatu penyakit akan kembali normal setelah diberikan penanganan, akan tetapi apabila pingsan terjadi akibat proses suatu penyakit maka akan menjadi lebih sulit. Kondisi pingsan banyak terjadi di masyarakat, tanpa adanya tenaga kesehatan. Masyarakat yang bersama korban adalah anggota keluarga atau orang terdekat korban. Masyarakat sebagai pemberi pertolongan pertama, perlu pengetahuan yang cukup dalam memberikan pertolongan awal pada pingsan, agar tindakan yang diberikan sesuai dan dan dapat membantu mengurangi resiko cedera yang lebih serius. Pengetahuan tidak hanya diberikan melalui pendidikan Kesehatan, tetapi juga diberikan melalui simulasi agar lebih efektif.

References

Aji, R., Marita, Z., Setyaningsih, W., Nulhakim, L., Giatamah, Z., Kiki Anugrah, A., Keperawatan Andakara, A., Bekasi, K., Barat, J., Wicara, T., Kesehatan Kemenkes Surakarta, P., Keperawatan, J., Kemenkes Jayapura, P., Keperawatan, P., Kemenkes Kalimantan Timur, P., Studi Sarjana Terapan Keperawatan, P., & Medika Suherman, U. (2023). The Effect of First Aid Skills Training on Failed Students. Jurnal Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 33(3), 3–10.

Husni, R. N., & Rozali, A. Y. (2016). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Resiliensi Pada Anggota Korp Sukarela-Palang Merah Indonesia Di Jakarta Barat Dalam Penanggulangan Bencana Banjir. 1–10. www.nasional.republika.co.id

Kundre, R., & Mulyadi. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dan Simulasi Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Pertolongan Pertama Pada Siswa Yang Mengalami Sinkop Di Sma 7 Manado. Jurnal Keperawatan, 6(2), 1–8.

Mahore, M., Metrikayanto, W. D., & Yasin, D. D. F. (2019). Video Edukasi Dan Simulasi Berpengaruh Terhadap Peningkatan Pengetahuan Guru Dalam Melakukan Pertolongan Pertama Pada Siswa Yang Mengalami Sinkop (Pingsan) Di Sdn Merjosari 1 Kota Malang. Nursing News : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 4(2). https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fikes/article/view/1983

Mohammad Basri, M. A. P. (2023). Pengaruh Pelatihan Manajemen Sinkope Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Keterampilan Pertolongan Pertama Pada Siswa Sman 14 Maros. 13, 322–333.

Nuari, N. A., & Ishariani, L. (2023). Syncope Management Simulation Sebagai Upaya Optimalisasi Peran Kader Siswa Pmr Dalam Penanganan Syncope. Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan, 3(1), 96–100. https://doi.org/10.55606/jpikes.v3i1.1445

Rachmawati, W. . (2019). Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. In Wineka Media. Wineka Media.

Rahayu, R., Risma, A., Cindy, A., & Afni, N. (2022). Efektifitas Metode Snowball Throwing Terhadap Keterampilan Pertolongan Pertama Syncope Pada Anggota PMR MTs Negeri 1 Grobogan. 1–11.

Tiara, C., Mifta, F., & Hidayat, R. (2024). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Petode Demonstrasi Terhadap Keterampilan Siswa PMR Dalam Tindakan Pertolongan Pertama Pada Syncope di MAN Model Manado Cinta Tiara Program Studi Ners Fakultas Imu Kesehatan , Universitas Muhammadiyah Manado Program Stu. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 2(1).

Vita febrina, Rima Semiarty, A. (2017). Hubungan Pengetahuan Siswa Palang Merah Remaja dengan Tindakan Pertolongan Pertama Penderita Sinkop di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bukittinggi. Jurnal Kesehatan Andalas, 6(2), 435. https://doi.org/10.25077/jka.v6.i2.p435-439.2017

Wiharyo, D. Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Manajemen Sinkop Terhadap Penanganan Sinkop Pada Tim Pmr Di Sman 5 Jember. Fkes.Unmuhjember, 27, 1–15.

Downloads

Published

2024-08-23

How to Cite

Nurjannah, M., Putri Agustin Nila Sari, & Dwi Widyastuti. (2024). Simulasi Simulasi Pertolongan Pertama Pingsan pada Mahasiswa Korps Sukarela (KSR): Simulasi Pertolongan Pertama Pingsan pada Mahasiswa Korps Sukarela (KSR). Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(1), 41–48. Retrieved from http://jurnalpkm.org/index.php/jpn/article/view/115